Minggu, 08 November 2009

Kabupaten Sanggau

Gambaran Umum


Kabupaten Sanggau merupakan salah satu daerah yang terletak di tengah-tengah dan berada dibagian utara Propinsi Kalimantan Barat dengan luas daerah 12,857,70 km2 dengan kepadatan penduduk per km2 rata-rata 29 jiwa.Dilihat dari letak geografisnya kabupaten sanggau terletak diantara 1 derajat 10 menit LU dan 0 derajat 35 menit LS. serta diantara 109 derajat 45 menit, 111 derajat 11 menit Bujur Timu.

Batas Wilayah Kabupaten Sanggau adalah :

1. Sebelah Utara berbatasan dengan Malaysia Timur ( Serawak )

2. Sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Ketapang

3. Sebelah Timur berbatasan dengan Kab. Sintang, dan Sekadau

4. Sebelah Barat berbatsan dengan Kab. Landak

Kabupaten Sanggau merupakan daerah terluas dan berada diurutan ke 4 dari Kabupaten / Kodya di Propinsi Kalimantan Barat. Kecamatan yang terluas di Kabupaten Sanggau adalah :

1. Kecamatan Jangkan dengan luas 1.589,20 km2

2. Kecamatan Meliau dengan luas 1.495,70 km2

IKLIM

Kabupaten Sanggau beriklim tropis dengan rata-rata curah hujan tertinggi mencapai 196 mm terjadi pada bulan januari dan terendah mencapai 54 mm terjadi pada bulan juli.

Pada umumnya Kabupaten Sanggau merupakan daerah dataran tinggi yang berbukit dan rawa-rawa yang dialiri oleh beberapa sungai seperti Sungai Kapuas, Sungai Sekayam.

Adapun jenis tanah yang terdapat dikabupaten sanggau adalh jenis podsolik yang hampir merata diseluruh kecamatan.

TOPOGRAFI

Jenis tanah yang terdapat di Kabuapten Sanggau adalah jenis tanah podsolid merah kuning batuan dan padat yg hampir seluruh Kecamatan dengan luas mencapa sekitar 576,910 ha

GEOLOGI

Formasi geologi antara lainj adalah Formasi kwartir, Kapur, Trias, Pistosen, Instruksif dan Plutonik Basa menengah, Intruksif Plutonik Asam, Seksi Hablur Intruksif dan Plutonik Lapisan Batu dan Permo Karbon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagi anda yang Ingin mengomentari Blog ini dipersilahkan dengan senang Hati.
Masukan yang anda Berikan sangat Berarti untuk semakin Memperbaiki Blog ini. Treimakasih.